Search

7 Cara ASUS ZenBook Flip S (UX371) Melejitkan Produktivitas Bunda Digital

review asus zenbook flip s (ux371)

Ada banyak seri ASUS ZenBook, tetapi kenapa saya ingin meracuni para sahabat dengan ASUS ZenBook Flip S (UX371)? Pasti ada keistimewaan tersendiri yang tak mungkin digantikan oleh seri lainnya. Apalagi buat para sahabat yang mengaku sebagai bunda digital.

Pengertian Bunda Digital

Menurut sepemahaman saya, bunda digital adalah para bunda yang memiliki potensi dan kreativitas dalam mengelola karya digital. Karya ini bisa beraneka macam ya. Ada yang fokus menulis blog seperti saya, ada pula yang lebih nyaman berkecimpung di dunia vlogging dengan YouTube Channelnya.

Tak sedikit pula para bunda yang berkarya melalui media sosial dan mendesain grafis melalu gawainya. Belum lagi yang memiliki toko online, pastinya disibukkan untuk mengelola toko, melakukan pemasaran dan pembinaan terhadap karyawannya. Masih ada banyak lagi jenis profesi atau aktivitas yang bisa dijalani oleh bunda digital. Mana yang paling menggambarkan para sahabat?

kehidupan bunda digital

  • Fotografer: kebutuhannya dalam mengedit foto membutuhkan teman kerja yang mampu memberikan tampilan gambar yang detail dan tajam.
  • Ilustrator/ Komikus: untuk bisa menghasilkan gambar yang detil, dibutuhkan laptop yang bisa sekaligus berfungsi sebagai kanvas digital.
  • Desain Grafis: menghasilkan beraneka ragam infografis lewat aplikasi-aplikasi yang membutuhkan performa tak standar.
  • Arsitek: aplikasi yang dibutuhkan dalam rancang bangun membutuhkan laptop dengan performa tinggi.
  • Vlogger: proses rendering tidaklah mudah, dibutuhkan laptop yang memiliki chip grafis berkualitas.
  • Web Designer: mendesain web tidak hanya sekadar bisa diakses, tetapi juga harus memiliki tampilan yang enak dipandang mata dan user friendly. Menghasilkan web yang seperti ini membutuhkan teman kerja yang anti ngelag dan memiliki performa grafis oke.
  • Blogger: Dibandingkan profesi bunda digital lainnya, mungkin blogger bisa dibilang paling entry level. Namun jangan salah, zaman now blogger itu biasanya juga merangkap sebagai vlogger, fotografer dan desain grafis. Jadi bisa membayangkan laptop seperti apa yang dibutuhkan?

Menjadi bunda digital mau tak mau harus didukung dengan gawai yang mumpuni. Apalagi sebagai seorang ibu, mengurusi konten digital hanyalah sebagian kecil dari to do list harian. Masih ada lantai yang harus disapu, makanan yang harus diolah dan juga anak-anak yang harus ditemani bermain.

Memilih ‘teman kerja’ yang tepat bagi seorang bunda digital adalah kunci keberhasilan kinerjanya. Para bunda adalah ahlinya multitasking, maka ‘teman kerja’nya tak boleh standar. Harus yang mampu mengimbangi kemampuan bunda dalam loncat dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya.

Itulah alasan kenapa saya merekomendasikan ASUS ZenBook Flip S (UX371). Selain karena sejujurnya saya pun mupeng memilikinya. Memang ada apa di balik seri terbaru ASUS ZenBook ini? Yuk, kita cari tahu sama-sama, sahabat!

ASUS ZenBook Flip S (UX371), Teman Kerja Terbaik untuk Bunda Digital

Pastinya sudah pada tahu dong kalau seri ZenBook adalah seri terbaik dari barisan laptop produksi ASUS. Sementara ZenBook Flip S adalah versi ZenBook yang layarnya bisa diubah sesuai kebutuhan alias convertible.

Saat saya membaca berbagai ulasan tentang ZenBook Flip S (UX371) ini, ada kalimat yang sangat menarik;

Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.

PC modern juga dilengkapi dengan pena digital yang memiliki banyak manfaat. Sentuhan khas tercipta saat Anda membuat sketsa atau coretan pada dokumen dengan pena digital. Penelitian juga menemukan adanya peningkatan kinerja hingga 38% pada pelajar ketika mereka menggunakan pena digital untuk mengerjakan soal-soal sains. Tidak semua ide berupa kalimat, kini saatnya untuk tuangkan inspirasi segera dalam sketsa atau coretan pena digital di PC modern.

Dari dua paragraf singkat tersebut, saya menyimpulkan bahwa ada 7 hal yang membuat ASUS ZenBook Flip s (UX371) ini layak dipilih menjadi ‘teman kerja’ bagi para bunda digital, yaitu:

1. Desain yang Cantik

Berbeda dengan lelaki yang melihat suatu benda dari kebutuhan dan kemampuannya, perempuan biasanya melihat sebuah benda dari penampilannya terlebih dahulu. Masalah apakah nanti laptop tersebut bisa ngeload cepet atau tidak biasanya dipikirkan belakangan. Yang terpenting adalah desain laptop itu harus cantik, ringkas dan saat ditenteng ke mana-mana tetap stylish.

desain cantik asus ux371

ASUS ZenBook Flip S (UX371) sepertinya tahu banget seleranya para bunda digital. Desain laptop convertible ini super premium. Sudut-sudutnya tidak meruncing, namun membentuk seperti potongan berlian. Biasa disebut dengan diamond-cut design.

Buat para bunda digital yang bekerja di ranah desain grafis, tentunya tak akan berkedip melihat bodi UX371 yang super cantik. S pada nama ZenBook Flip S berarti slim dan sophisticated. Artinya yaitu ramping dan mewah.

Berbeda dengan seri lainnya, UX371 hanya bisa didapatkan dalam satu warna yang elegan, dinamai Jade Black. Warna ini semakin terasa kemewahannya dengan kehadiran sebuah garis berwarna tembaga mengelilingi bodi laptop kece ini, yang kemudian disebut dengan Red Copper. Desain yang diusungnya semakin menguatkan betapa laptop ini berkelas premium

Sementara sisi rampingnya bisa diliat dari bodi laptop yang hanya berukuran 11,9mm dan memilliki berat 1,2kgs saja. Memang teman kerja terbaik untuk para bunda digital nih! Apalagi buat para bunda yang masih harus bertemu klien sambil membawa baby dan balita. Memiliki laptop yang ringan dan ramping adalah sebuah anugerah tersendiri.

Maklum bawaan emak dengan anak bayi dan balita saja sudah seabrek. Apalagi kalau ditambah dengan satu laptop berbadan besar dan berat. Bisa sakit berhari-hari punggung dan bahunya kan?

Nah, kalau laptopnya seenteng ini kan, mau kerja di taman, di dapur, di kafe, hayuk aja. Di mana saja tetap bisa berkreasi tanpa batas.

2. Multitasking Tanpa Beban

Sudah menjadi rahasia umum bahwa seorang ibu adalah ratunya multitasking. Sambil goreng tempe, tangan mungilnya bisa bergerak mencuci piring, atau malah menyalakan mesin cuci untuk menggiling pakaian. Sambil menyapu lantai yang berserakan dengan remah roti si kecil, bisa sembari mendengarkan podcast favorit.

Kebiasaan multitasking ini tentu saja tidak berhenti hanya pada rutinitas domestik. Saat para bunda digital sedang beralih profesi dari emak rumahan menjadi pendekar digital perempuan, mereka bisa mengoperasikan laptop untuk beragam hal.

Contohnya nih saya, sembari menunggu proses rendering video untuk diunggah di YouTube, saya akan membuka 20 tab di browser untuk melakukan blog walking ke rumah maya teman-teman blogger lainnya.

Lalu mendadak ingat, video yang mau diunggah ke YouTube belum punya gambar thumbnail. Cuzz larilah saya membuka tab baru dan mengetikkan Canva.com di address bar. Lalu mulai pilih-pilih desain yang cocok dengan videonya.

Saat ini untuk mendukung kinerja sebagai blogger, saya menggunakan ASUS VivoBook A442U dengan spek Intel Core i5 -8250u dengan memory 8GB, mengerjakan kegiatan multitasking seperti yang saya tulis di atas bukan hal yang berat lagi. Meski kadang terdengar suara kipas mendenging cukup kencang, mungkin sebagai tanda protes karena diajak kerja terlalu keras.

Namun saya yakin, jika multitasking tersebut dikerjakan bersama ASUS ZenBook Flip S (UX371), semua prosesnya akan berjalan dengan mulus. Tanpa ada proses loading dan suara kipas mendenging dengan kencang.

Pasti para sahabat bertanya-tanya ya kok saya bisa seyakin ini?

performa kinerja asus ux371

Pertama, UX371 dipersenjatai dengan prosesor i7 generasi ke-11 Intel Core. Nah, kebetulan seminggu yang lalu saya sempat merasakan bagaimana smooth-nya laptop dengan prosesor tersebut. Bikin ngiler. Rasanya nggak mau kembali bekerja dengan laptop berprosesor generasi 8. Apalah daya laptop generasi 11 itu berlabel ‘cumi’ alias cuma minjam punya suami karena laptop saya sedang diservis.

Jelas banget bedanya performa prosesor generasi 8 dan generasi 11. Apalagi buat yang biasanya masih berteman laptop dengan prosesor di bawah generasi 8, pasti akan terasa sekali perbedaan kinerjanya.

Kedua,  ZenBook Flip S (UX371) memiliki performa grafis yang tak main-main. Chip grafis yang dimilikinya terintegrasi dengan Intel Iris Xe Graphics paling anyar. Maka jangan heran ketika sahabat menatap layar laptop ini, terasa bening. Udah kek aktor Korea yang glowing-glowing itu lo.
Selain itu kehadiran Intel Iris ini semakin membuat proses rendering dan kegiatan yang berhubungan dengan grafis menjadi lebih mulus dan nyaman dipandang mata.

Ketiga, UX371 memiliki storage berjenis SSD. Sudah dua tahunan ini saya mengggunakan laptop dengan jenis SSD, dan bisa membuktikan bahwa kinerja laptop ber-SSD jauh lebih cepat dibandingkan laptop yang storagenya masih menggunakan hardisk. Apalagi SSD yang dibenamkan pada ZenBook Flip S ini, ukurannya nggak main-main; 1 terabyte. Nggak bakal takut kehabisan space untuk menyimpan banyak hasil karya video, foto dan konten lainnya.

Keempat, laptop ini dilengkapi dengan memory alias RAM berjenis DDR4 berukuran 16 GB. Punya laptop dengan RAM 8GB saja sudah cukup menyenangkan, apalagi 16GB ye kan. Keknya rendering video bisa selesai dalam hitungan detik deh, hehe.

Kelima, menyanding label Intel EVO Platform, artinya UX371 ini memiliki daya tahan yang panjang. Menurut hasil uji dengan PCMark Battery Test, pada mode Modern Office, laptop berlayar OLED dengan resolusi 4K ini bisa hidup selama 9 jam 52 menit!

Keenam, pendinginan adalah hal yang penting dalam kinerja laptop. Apalagi dengan model convertible seperti ZenBook Flip S (UX371) ini. ASUS tak mau main-main, pendingin khusus dibenamkan pada laptop ini sehingga suhunya tak pernah lebih dari 65 derajat, meskipun kondisinya full load.

Ketujuh, sudah dibekali dengan sistem operasi Windows 10 Home. Jadi para bunda tak perlu bingung mencari sistem operasi yang pas, bisa langsun pakai begitu laptop ini dibawa pulang ke rumah.

Dengan tujuh keunggulan di atas, sepertinya sudah dijamin bekerja dengan ASUS ZenBook Flip S (UX371) akan terasa menyenangkan dan anti tantrum. Dadah bye-bye marah-marah nggak jelas karena loading lama.

Saya mau ngajak sahabat bunda untuk menengok sebuah video review yang menarik. Saya jamin setelah menonton videonya, sahabat akan semakin kesengsem dengan laptop kece ini.

3. Ketahanannya Sekelas Vincenzo Cassano

Para bunda penggemar drama korea, pasti tahu dong dengan Vincenzo Cassano yang cukup viral akhir-akhir ini? Sesosok karakter yang diperankan oleh Song Joong Ki ini merupakan seorang pengacara mafia. Tidak hanya cerdas, tetapi juga andal dalam bela diri.

Melihat ZenBook Flip S, saya seperti melihat Vincenzo dalam bentuk laptop, hehe. Ketahanannya tiada dua. Baterai yang dibenamkan pada laptop ini bisa hidup lama. Cocok buat yang suka kelupaan nancepin charger seperti saya.

asus ux371 dan vincenzo cassano

Selain itu, laptop premium ini juga dibekali dengan teknologi pengisian cepat. Hanya dalam wkatu 49 menit, baterai sudah bisa diisi ulang sampai 60%. Secepat Vincenzo yang mampu mengetahui kelemahan lawan dalam sekejap, eaa.

Tak hanya itu, UX371 juga telah mendukung  ASUS USB-C® Easy Charge. Artinya selain bisa mengisi daya lebih cepat, pengisi daya yang bisa digunakan juga bervariasi. Dari charger yang telah bersertifikasi USB-C Power Delivery, charger dengan pengisi USB-C standar seperti yang ada pengisi di dalam pesawat, pengisi daya portabel ataupun power bank pada umumnya.

Sebagaimana Vincenzo yang tangguh melawan gempuran musuhnya, ZenBook Flip S pun telah dijamin tangguh dan kuat. Jadi jangan cemas kalau sedang asyik membuat konten, tiba-tiba anak balita kita menarik laptopnya dan jatuh ke lantai.

Laptop premium dengan model convertible ini telah memenuhi uji standar militer MIL-STD 810G. Adapun tes yang diujikan antara lain; shock test, vibration test, low temperatre test, dan altitude test.

4. Fitur Premium, Nyaman untuk Daring

Sebagai Best Laptop Brand 2020, tak heran jika ASUS terus melakukan inovasi dalam setiap perkembangan produknya. Kenyamanan pengguna adalah kepuasan tersendiri bagi ASUS. Mengingat di masa pandemi, semakin banyak bunda yang turut rempong menemani anaknya sekolah online, di samping juga masih mengerjakan produktivitasnya di bidang digital, ASUS menghadirkan UX371 sebagai produk yang nyaman digunakan dalam aktivitas daring.

fitur premium asus zenbook

  • Pertama, adanya teknologi 360 ErgoLift Hinge yang memberikan posisi ergonomis saat mengetik. Sehingga tidak terasa cepat lelah dan nyaman dalam waktu lama.
  • Kedua, hadirnya fitur Edge-to-Edge Keyboard. Yaitu sebuah desain keyboard terbaru yang penampangnya jauh lebih lebar dan memiliki ukuran tombol lebih luas. Pas sekali untuk para bunda yang punya jari-jari besar seperti saya, hehe. Kegiatan mengetik jadi lebih nyaman.
  • Ketiga, touchpad yang multifungsi. Selain memiliki fungsi kontrol yang lebih baik. Touchpad pada ZenBook Flip S (UX371) telah dilengkapi dengan NumberPad 2.0. Hanya dengan satu sentuhan saja, kita sudah bisa mengubah fungsi touchpad menjadi numpad.
  • Keempat, kehadiran fitur IR camera-tuning beresolusi HD yang membuat tampilan gambar menjadi lebih baik. Sehingga saat anak-anak sedang daring atau para bunda harus rapat online, wajah akan tetap terlihat cerah dan tak berbayang. Selain itu, IR camera juga memiliki fungsi sebagai fitur pengamanan. Sudah nggak asing dengan Windows Hello kan? IR Camera pada UX371 membantu melakukan pemindaian wajah, meski dalam kondisi yang kurang terang. Pemindaian wajah dengan IR camera dijamin lebih aman daripada harus mengetikkan password. Plus jadi solusi buat para bunda yang sering lupa password macam saya.
  • Kelima, laptop convertible premium ini memiliki array microphone yang mendukung teknologi AI Noise Cancelling. Fungsinya yaitu untuk meredam suara bising di sekitar kita, sehingga suara kita menjadi lebih jelas. Entah kenapa ASUS ini tahu banget yang dibutuhkan para bunda digital yang selalu harus mematikan microphone saat ada acara webinar. Gara-gara suara background anak-anak lebih keras dari suara para bundanya, hehe. Dengan adanya AI Noise Cancelling ini, para bunda nggak perlu cemas suara keributan anak-anak masuk ke webinar. Duh, asyiknya…
  • Keenam, kehadiran ASUS Golden Ear bersama dengan Harman Kardon menghasilkan speaker stereo yang kualitsnya tak diragukan lagi. Mendengarkan musik, menikmati murottal atau menonton aksi Vincenzo akan terasa lebih powerful dan bikin kita betah berlama-lama dengan si UX371.

5. Pena Digital yang Inovatif

Keajaiban dari laptop yang menjawab kebutuhan para bunda digital ini tak hanya terletak pada layarnya yang mampu diputar hingga 360 derajat dan bisa digunakan dalam mode tablet. Laptop ini juga bisa digunakan selayaknya sebuah kanvas digital. Layarnya hadir dalam jenis touchscreen, ASUS ZenBook Flip S (UX371) ini juga mendukung penggunaan stylus berjenis 4096 pressure level.

stylus for asus flip u371

Kehadiran stylus tentu akan semakin membuat para bunda digital, khususnya yang memiliki produktivitas tinggi di bidang desain grafis dan rancang bangun, sangat terbantu. Daripada menggunakan touchpad, mendesain gambar dan merancang ilustrasi jauh lebih nyaman dengan menggunakan stylus. Berasa seperti coret-coret langsung di atas kertas.

6. Kesehatan Mata Terjaga

Para bunda digital membutuhkan layar berkualitas agar detail gambar yang tampil di layar laptop terlihat maksimal. Memahami kebutuhan ini, UX371 hadir dalam panel layar OLED dengan resolusi 4K. Dijamin bening tampilannya. Bikin betah berlama-lama di depan laptop.

Reproduksi warna yang dihasilkan laptop premium ini  telah mendapat sertifikasi dari PANTONE. Selain itu panel OLED juga telah mendukung fitur HDR yang telah disertifikasi oleh VESA. Semua aktivitas seperti mengedit foto, video dan mendesain web akan terasa lebih mudah dan menyenangkan dengan layar berkualitas mumpuni.

sertifikasi kesehatan laptop asus

Tak hanya dirancang untuk memenuhi kebutuhan profesionalisme para bunda digital, ASUS ZenBook Flip S (UX371) juga dibuat sedemikian rupa agar tetap aman bagi kesehatan mata para penggunanya. UX371 telah mendapat sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk flicker free dan low blue light.

Artinya, layar laptop convertible UX371 ini minim emisi gelombang cahaya biru dan tidak menghasilkan efek flicker. Fungsinya yaitu agar mata pengguna tidak cepat lelah dan tidak terpapar cahaya biru terlalu banyak.

7. Konektivitas All in One

Biasanya laptop yang berdesain tipis dan ramping, terpaksa mengorbankan sisi konektivitas yang terbatas. Namun hal tersebut tidak terjadi pada ZenBook Flip S (UX371). Oleh karenanya ASUS sengaja tidak membuatnya sebagai laptop convertible paling tipis, karena ingin memberikan port konektivitas yang lengkap, sebagai berikut:

  • Dua port USB Type-C dengan dukungan koneksi Thunderbolt 4, Z
  • USB Type-A 3.2
  • HDMI

Tak cukup dengan itu, UX371 juga ingin menunjukkan sisi modernnya lewat kehadiran WiFi 6 dan WiFi Smart Connect. Fungsi dari WiFi Smart Connect yaitu untuk mendeteksi sinyal WiFi yang paling optimal. Sehingga laptop ini secara otomatis bisa menghubungkan dengan modem/ router yang kinerjanya paling cepat.

Bahkan meski kita sering membawanya berpindah-pindah tempat, jangan  takut kesusahan menghubungkan dengan sumber sinyal, karena WiFi Smart Connect akan memilihkan yang terbaik. Udah kek milih jodoh aja ya, hehe.

konektivitas laptop asus

Keunggulan pamungkas dari ZenBook Flip S (UX371) yaitu kemampuannya untuk terkoneksi dengan MyASUS, sehingga memudahkan kita dalam:

  • File transfers: Kita bisa langsung mengirim file dari ponsel ke PC, hanya dengan menyentuh ikon Bagikan. Sebaliknya, kita juga bisa mentransfer file dari PC ke perangkat seluler dalam hitungan detik.
  • URL transfers: Klik ikon Bagikan di browser, lalu klik MyASUS. URL web yang seang kita buka melalui PC akan langsung dikirim ke perangkat seluler.
  • Phone call: Mau melakukan panggilan telepon tapi malas mengambil ponsel dari tas atau ruangan lain? UX371 akan membantu melakukan panggilan tersebut, uenak to?
  • Remote file access: Tanpa perlu aplikasi pihak ketiga, kita tetap bisa mengakses file kerja yang ada di laptop yang ditinggal di rumah melalui perangkat seluler.
  • Screen Mirroring: Fitur ini membantu kita melakukan aktivitas apa pun di ponsel lewat laptop yang layarnya jauh lebih kece dan nyaman.
  • Screen Extender: Pengen kek profesional designer yang kerjanya menggunakan dua layar sekaligus? Gunakan saja fitur ini untuk mengubah ponsel menjadi perluasan layar laptop. Kita bisa melakukan aktivitas menarik gambar, video atau dokumen ke ponsel, sehingga proses cross-referencing menjadi lebih mudah.

Dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh UX371, kita bisa mendapatkannya dengan merogoh kocek sebesar Rp24.999.000. Sebuah harga yang pantas untuk fungsi premium dan kemewahan yang ada di dalamnya.

Dengan 7 cara ajaib yang dimiliki oleh ASUS ZenBook Flip S (UX371) di atas, kini sahabat sudah tahu kan mengapa saya merekomendasikan laptop elegan ini untuk para bunda yang memiliki produktivitas tinggi di bidang digital? Yuk, nabung bareng-bareng untuk bisa menjadikan laptop ini sebagai teman kerja terbaik kita di rumah! Semangat dan salam produktif, sahabat bunda!

spesifikasi ASUS ZenBook Flip S (UX371)

 “Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ZenBook Flip S (UX371) Blog Writing Competition bersama deddyhuang.com

 

One Reply to “7 Cara ASUS ZenBook Flip S (UX371) Melejitkan Produktivitas Bunda Digital”

  1. deddyhuang.com says: April 3, 2021 at 8:43 pm

    Terima kasih ya kak sudah ikut berpartisipasi dalam ASUS Blogging Competition bersama deddyhuang.com

    Good luck!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*