Search

Ini 6 Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur!

mengatasi hidung tersumbat saat tidur

Siapa yang tiga bulan terakhir anggota keluarganya mengalami demam dan batuk pilek secara bergantian? Jika jawabannya iya, berarti kita sama.

Sejak bulan Agustus hingga sekarang, batuk pilek udah kaya pingpong aja. Pekan ini si kakak, pekan depannya gantian si adik. Nanti pekan berikutnya ayah bundannya pun ikutan tepar.

Hal yang paling bikin sedih sekaligus jengkel saat sedang batuk pilek adalah hidung tersumbat. Selain bikin kepala pening, kondisi ini juga buat kita jadi susah  tidur.

That’s why saya selalu kepo bagaimana sih sebenarnya cara ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat saat tidur. Tentu saja dengan harapan agar tidur menjadi lebih berkualitas, sehingga tubuh jadi makin cepat fit dong.

6 Teknik untuk Mengatasi Hidung Tersumbat Saat Tidur

Cara menghilangkan hidung tersumbat saat tidur ternyata cukup simple kok, Sahabat Bunda. Berikut ini 4 hal yang bisa kita lakukan:

1. Atur Posisi Tidur Senyaman Mungkin

Sering banget nggak sih saat lagi pilek, segala macam posisi tidur nggak pernah ada yang nyaman? Tidur telentang salah, miring kanan kiri pun salah. Terus gimana ya biar bisa tidur dengan nyenyak?

Kuncinya terletak pada bantal. Tumpuk dua bantal hingga posisi kepala jadi lebih tinggi dibanding badan dan kaki.

Cara ini efektif untuk mengurangi penumpukan lendir di dalam hidung. Jika lendir menumpuk di hidung, sumbatan makin parah dan kita akan makin nggak nyaman.

Jika menumpuk bantal tetap nggak nyaman karena membuat leher sakit, Sahabat Bunda bisa mencoba  tidur di sofa yang punya bantalan atau tidur dengan setengah duduk.

2. Gunakan Humidifier

Jika Anda memiliki alat pelembab udara, pastikan untuk menyalakannya. Salah satu penyebab hidung tersumbat adalah keringnya udara.

Nah, dengan menyalakan humidifier, udara menjadi lebih lembab dan hidung pun lebih lega untuk bernafas. Apalagi jika humidifier-nya dikombinasikan dengan essential oil, dijamin lega deh pernafasannya.

3. Kompres atau Mandi Air Hangat

Apabila humidifier tidak tersedia, cara alami untuk mengatasi hidung tersumbat saat tidur yaitu mandi air hangat sebelum menarik selimut. Uap yang keluar dari air hangat berfungsi efektif untuk mencairkan lendir. Alhasil, lendir tidak menumpul di dalam hidung dan pernafasan kita menjadi lebih lega.

Untuk anak-anak, bisa juga menggunakan cara kompres air hangat. Siapkan handuk kecil yang telah dicelupkan ke dalam air hangat, lalu letakkan di atas kening anak. Insya Allah hidung tersumbat akan teratasi segera.

4. Cuci Hidung

Solusi ini bisa Anda coba jika kuat merasakan sakit. Sebenarnya kalau tekniknya benar, mencuci hidung dengan air steril atau obat semprotan hidung tidak akan memberikan efek apapun.

Namun jika kita menggunakannya kurang tepat, alih-alih hidung tersumbat menjadi lega, malah yang terjadi kemudian hidung terasa nyeri. Oleh karenanya, sebelum menggunakan obat semprot atau air steril, pastikan Anda sudah membaca petunjuk dan mengetahui cara yang benar.

5. Konsumsi Makanan Pedas

Ini adalah salah satu solusi instan yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat. Makan bakso, mie atau seblak super pedas, otomatis akan membuat lendir di dalam hidung menjadi lebih encer dan pernafasan lebih lega.

Tentu saja buat Sahabat Bunda yang punya masalah pada pencernaan, harus berhati-hati untuk menerapkan solusi ini ya.

6. Minum Obat Flu

Kalau cara 1 – 5 sudah dicoba, tapi belum ada hasil yang memuaskan. Maka teknik pamungkas yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi obat flu.

Ada banyak obat flu beredar di pasaran. Anda bisa memilih salah satu yang paling cocok. Obat flu biasanya memiliki fungsi untuk membantu melegakan pernafasan dan mendatangkan kantuk.

Maka meski hidung tersumbat, saat kantuk sudah nggak bisa dilawan, akhirnya tidur juga kan?

Nah, kira-kira Sahabat Bunda paling cocok untuk mengatasi hidung tersumbat saat tidur cara yang mana nih? Kalau saya biasanya pakai teknik nomor 1, 5 dan 6.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*