Search

KRAFT Crolette, Menu Buka Puasa Praktis dan Sehat

resep KRAFT Crolette

Puasa hari pertama selalu jadi tantangan tersendiri, Kraft Crolette bisa jadi menu buka puasa yang praktis, sehat sekaligus istimewa. Apalagi buat anak-anak yang masih adaptasi kondisi gitu.

Selalu ada jam-jam rawan di mana mereka mulai merengek karena merasa lapar. Nah, kita bisa mengalihkan rengekannya dengan mengajak mereka menyiapkan menu buka puasa yang spesial ini. Dijamin seru deh sesi ngabuburit bareng anak-anaknya.

Apa Itu KRAFT Crolette?

Ngomongin soal KRAFT Crolette, Sahabat Bunda sudah pada tahu belum makanan kekinian yang satu ini? Buat saya yang nggak jago masak, cukup menantang lo untuk recook tantangan dari KRAFT ini.

Memang sih kalau lihat tutorialnya gampil. Wong cuma telur dadar digulung. Masalahnya Crolette ini bukan telur dadar biasa.

gambar KRAFT Crolette asli

Crolette merupakan singkatan dari Crown Omelette. Yaitu telur dadar gulung yang disajikan bersama keju cheddar yang dimasak sedemikian rupa hingga berbentuk seperti mahkota (Crown).

Menu ini sangat praktis untuk buka puasa. Selain karena bentuknya yang unik dan bikin seluruh keluarga takjub untuk menikmati. Pastinya Crolette by KRAFT ini full nutrisi.

Hmm kira-kira, saya yang nggak jago masak ini berhasil bikin Crolette nggak ya?

Pengalamanku Membuat KRAFT Crolette untuk Buka Puasa Pertama

Saya nekat recook KRAFT Crolette ini sebagai menu buka puasa di hari pertama. Selain sebagai apresiasi untuk kakak yang sudah berhasil puasa sehari full. Sekaligus penasaran pengen bikin mahkota dari keju cheddarnya!

resep KRAFT Crolette mudah dan praktis

Bahan-bahan untuk bikin Crolette ini gampil banget. Cukup sediakan dua butir telur, garam dan merica secukupnya untuk bumbu. Boleh juga ditambahi susu UHT dan sayuran jika mau.

Semua bahan di atas tinggal dikocok aja. Sama kek bikin telur dadar biasanya gitu loh. Nanti kalau sudah dikocok sempurna, tinggal digoreng di teflon. Digulung kek telur dadar Korea, angkat dan tiriskan.

Nah, sekarang waktu yang paling deg-degan yaitu saat menyiapkan mahkota kejunya. Siapkan keju cheddar. Lalu parut keju di atas teflon dengan bentuk melingkar.

langkah pembuatan KRAFT crolette

Nyalakan api dengan ukuran terkecil. Di sini paling penting, kalau apinya terlalu besar, kejunya bisa meleleh dan mahkotanya nggak bakal jadi.

Pastikan siapkan kesabaran dan mindfulness ya, Sahabat Bunda. Karena butuh waktu 4-6 menit untuk bisa membentuk mahkota yang sempurna.

Saat mahkota sudah siap diangkat, letakkan telur dadar yang tadi sudah dibuat di atasnya. Lalu taruh di piring dan kondisikan agar crown yang dibuat bisa berbentuk sempurna. Untuk menambah cita rasa, kita bisa taburi keju lagi di atasnya.

Memang bener-bener menu satu ini cocok dimasak saat berpuasa, sekaligus mengetes kesabaran kita gitu, wkwk. Dan eng ing eng, di percobaan pertama, apa yang terjadi dengan Crolette yang saya buat?

Pastinya, FAILED!

kraft crolette gagal

Pertama, karena apinya yang kebesaran dan keju jadi meleleh… meski yang bawah tetep mengering gitu sih. Cuma nggak jadi cantik, wkwk.

Kedua, parutan kejunya kurang banyak memenuhi teflon. Jadi pas mo diangkat, malah ambyar, wkwk.

Syukurlah, rasanya tetep ngeju bangeeet kok! Kak Ifa malah request minta dibikinin lagi. “Ayo bun bikin lagi yang Crown-nya bagus.”

Duh ditantang anak sendiri nih. Baiklah, sebelum praktek lagi, yuk dimakan dulu aja KRAFT Crolette-nya. Eh, ternyata Kak Ifa nggak bohong. Emang seyummy itu. Dicocol pakai saus sambal atau saus tomat juga makin nampol.

Mahkotanya yang agak bener, bisa kriuk-kriuk gitu. Baiklaaah, markicob lagi sampai dapat mahkota yang sempurna biar si ratu telur dadar makin istimewa, wkwk. Berhasil nggak nih?

Cara Membuat KRAFT Crolette yang Sempurna

Akhirnya setelah mencoba beberapa kali, bisa juga kok bikin KRAFT Crolette yang oke punya. Ada rahasianya ternyata. Mau tahu?

1. Gunakan Keju Cheddar dari KRAFT

Sebenarnya untuk poin yang pertama ini, saya sudah patuh aturan. Maklum sejak tahu kampanye #KejuAsliCheck, saya nggak pernah melirik keju merek lain.

Selain karena udah jatuh cinta sama KRAFT sejak dulu kala, cita rasa keju KRAFT nggak ada yang nandingin. Pokoknya keju ya KRAFT kalau buat saya dan keluarga, yang lain kurang nendang gitu lo rasanya.

Setelah tahu soal #KejuAsliCheck, terjawablah sudah kenapa KRAFT punya cita rasa numero uno. Ternyata karena dari komposisinya bisa dilihat keju cheddar diletakkan di urutan pertama. Artinya bahan baku utama dari keju cheddar KRAFT beneran keju, bukan air atau tepung.

Ayo coba dicek keju cheddar di rumah Sahabat Bunda, apakah keju berada di urutan pertama juga?

Mengenai pencantuman bahan baku sesuai urutan ini ternyata sudah diatur pada Peraturan Badan POM No. 31 tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan. Setiap produsen kudu banget  kasih informasi yang benar dan jelas kepada masyarakat tentang setiap produk pangan yang dikemas.

Jadi kalau komposisi keju cheddar yang ada di rumah kok menempatkan keju setelah air dan tepung, bisa disimpulkan kalau keju tersebut nggak lolos standar #KejuAsliCheck ya.

Selanjutnya poin-poin penting lain kenapa harus pakai keju cheddar dari KRAFT yaitu:

  • Bahan utamanya berasal dari keju asli New Zealand.
  • Dilengkapi dengan Calcimilk yang kaya kalsium, sumber protein dan vitamin D. informasi ini bisa kita lihat dengan jelas pada klaim nutrisi yang ada di bagian kemasan keju cheddar KRAFT.
  • KRAFT bisa penuhi 30 persen kebutuhan kalsium harian, sumber vitamin D dan protein. Cocok banget untuk bikin olahan sahur dan buka puasa saat ramadan. Meski menu sederhana kalau ditambahi keju KRAFT bisa makin bernutrisi kan?
  • Tidak ada perisa tambahan di dalam KRAFT. Cita rasanya asli ngejuuu banget karena memang beneran dibuat dari keju asli.

tips KRAFT Crolette anti gagal

2. Pastikan Ukuran Keju Sesuai

Ukuran keju ini harus disesuaikan dengan ukuran telur dadar gulung dan juga teflon. Jadi di rumah kami biasa menggunakan telur omega yang ukurannya lebih besar dari telur biasa.

Ternyata kalau pakai satu box keju cheddar KRAFT mini, masih kurang besar gitu crownnya. Paling aman sih, sediakan keju Cheddar Kraft Mini dua atau tiga buah.

Dua buah untuk bikin crown, satu buahnya untuk taburan saat Crolette sudah jadi. Oya, satu resep itu kan terdiri dari dua butir telur, kalau Sahabat Bunda bikin telur dadarnya dari empat telur, tentu butuh keju yang lebih besar ya. Bisa pakai Keju Cheddar KRAFT yang ukuran 160 gram.

Nah, pas bikin pertama, saya bikin crown dari Keju Cheddar KRAFT ukuran 70 gram. Cuma saat itu telur dadar yang saya buat kan terpotek jadi dua. Saya pikir bisa gitu kejunya dibuat dua crown, wkwk.

Ternyata jadinya kurang lebar, Sahabat Bunda. Kalaupun mau pakai yang ukuran 70 gram ya semuanya harus diparut untuk jadi crown yang kece. Atau amannya ya pakai 160 gram gitu.

3. Sabaaaar

Yang nggak kalah penting lainnya, jangan lupa untuk penuhi tangki kesabaran saat bikin menu yang satu ini. Buat yang stok sabarnya sudah menipis saat ngabuburit, mungkin bisa dicoba untuk menjajal olahan ini setelah berbuka.

Pengalaman saya nih, saat bikinnya setelah berbuka dan sholat tarawih, jadi lebih santuy dan hasilnya optimal. Karena sungguh, membuat mahkotanya bener-bener tantangan tersendiri buat saya yang nggak jago masak, hehe. Tidak semudah tutorial di video-video yang muncul di timeline gituuh.

So, buat yang masih gagal bikin KRAFT Crolette seperti saya. Jangan patah semangat dan coba terus sampai berhasil!

percobaan kedua KRAFT Crolette

Kayanya setiap hari bakal ada penampakan telur dadar mahkota ini deh di rumah saya, wkwk. Soalnya anak-anak ketagihan banget dengan kresnya mahkota yang gurih berpadu dengan cita rasa telur dadarnya.

Apalagi telur sudah jadi makanan utama anak-anak, jadi saat bundanya masak Crolette, mereka happy banget dapat telur dadar yang nggak biasa. Bundanya juga happy karena 1 porsi KRAFT Crolette sudah bisa memenuhi 50% kebutuhan protein dan 40%  kebutuhan kalsium.

Buat yang mau bikin Crolette sebagai menu sahur juga bisa lo. Karena menu yang satu ini kaya protein dan bisa menjaga anak-anak tetap kenyang sepanjang hari.

Jadi, siapa nih yang sudah berhasil buat KRAFT Crolette. Boleh dong bagi tips keberhasilannya di kolom komentar. Happy fasting, Sahabat Bunda!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*